Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeasiswaBerita

Buruan Masih Dibuka, Berikut Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur Seleksi Mandiri PTN/PTS

154
×

Buruan Masih Dibuka, Berikut Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur Seleksi Mandiri PTN/PTS

Sebarkan artikel ini
Beasiswa KIP Kuliah
Beasiswa KIP Kuliah
Example 468x60

EDUNESINEWS.COM – Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah jalur seleksi mandiri perguruan tinggi negeri/perguruan tinggi swasta (PTN/PTS).

Bagi calon mahasiswa yang sebelumnya tidak lolos sebagai penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), seleksi nasional berbasis tes (SNBT) masih bisa mengikuti progam beasiswa KIP Kuliah jalur seleksi mandiri PTN/PTS.

Example 300x600

Progam beasiswa KIP Kuliah jalur seleksi mandiri PTN buka mulai 16 Juni 2023 hingga 7 Oktober 2023. Sedangkan untuk PTS buka mulai 23 Juni hingga 31 Oktober 2023.

Beasiswa KIP Kuliah merupakan progam pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Progam tersebut bertujuan agar para pelajar lulusan SMA/SMK/sederajat bisa melanjutkan jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi. Meskipun, pelajar tersebut berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Dengan begitu, semua lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan hingga tinggat perguruan tinggi.

Untuk mendapatkan beasiswa ini Merdeka, anda perlu memperhatikan sejumlah tahapannya.

Sebelum mendaftar ke perguruan tinggi tertentu, lulusan SMA/SMK/Sederajat perlu mendaftar terlebih dahulu melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Tahapan dan syarat penerima beasiswa tersebut juga tertera pada website tersebut. Berikut, edunesianews.com rangkum cara mendaftar KIP Kuliah melalui artikel ini.

  1. Lulusan SMA/SMK/Sederajat bisa langsung mengunjungi website kip-kuliah.kemendikbud.go.id;
  2. Untuk pendaftaran, klik DAFTAR pada website tersebut. Kemudian, masukkan Nomor Induk Kependudukam (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan alamat email yang valid dan aktif. Di sini disarankan menggunakan gmail.com;

Pencantuman NIK untuk mendapat informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS wajib melengkapi data ekonomi dan aset;

  1. Selanjutnya, sistem memvalidasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan beasiswa ini;
  2. Jika proses tersebut berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirim Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang sebelumnya sudah Anda daftarkan (cek poin 2);
  3. Setelah itu, pilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  4. Selanjutnya, Anda wajib menuntaskan proses pendaftaran di sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi jalur seleksi Mandiri. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan berlangsung dengan skema host-to-host.

Kepada calon penerima beasiswa yang diterima, Perguruan Tinggi akan melakukan verifikasi.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *