Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPendidikan

Mudahkan Siswa Tunanetra Belajar, Mahasiswa UMK Ciptakan ABROPEZ

157
×

Mudahkan Siswa Tunanetra Belajar, Mahasiswa UMK Ciptakan ABROPEZ

Sebarkan artikel ini
Enam mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menciptakan media pembelajaran berupa ABROPEZ guna meningkatkan kemampuan matematis untuk siswa tunanetra
Enam mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menciptakan media pembelajaran berupa ABROPEZ guna meningkatkan kemampuan matematis untuk siswa tunanetra
Example 468x60

EDUNESIANEWS.COM – Enam mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menciptakan media pembelajaran berupa Angka Braille dan Operasi Hitung Puzzle (ABROPEZ). Alat itu untuk meningkatkan kemampuan matematis untuk siswa tunanetra di Kabupaten Kudus. 

Keenam mahasiswa tersebut ialah Alfina Noor Aini (PGSD), Richie Annisa Cikal (BK), Khilda Evita Aisya (Pendidikan Bahasa Inggris), Aulia Nisa’ Cahya Ningrum (BK), Sholikul Hadi (Pendidikan Bahasa Inggris), dan Nissaul Azizah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Example 300x600

Ketua kelompok, Alfina Noor Aini menjelaskan, ABROPEZ merupakan kotak kayu yang di dalamnya terdapat puzzle angka braille dan operasi hitung matematika. Alat ini juga lengkap dengan ijiran matematika yang dapat memudahkan siswa tunanetra menyeleseikan hitungan.

“Alat ini kita ciptkan sebgai media pembelajaran dalam pengembangan kognitif anak didik berkebutuhan khusus. ABROPEZ di sesuaikan dengan cara anak didik memahami dan disesuaikan dengan kemampuan anak didik,” terangnya.

Lebih lanjut, Alfina menjelaskan, ABROPEZ merupakan hasil samping olahan kayu yang saat terbuka akan muncul kotak-kotak kayu kecil. Di atasnya terdapat kode angka braille dan tanda operasi hitung (seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian) yang sebelahnya terdapat sempoa matematika. 

“ABROPEZ juga lengkap dengan buku pedoman untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa tunanetra di Kabupaten Kudus. Di buku tersebut ada materi matematika operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dari kelas 1 sampai 6. Materinya juga sesuai dengan kurikulum 2013 serta ada Latihan soal,” urainya.

Menambahkan, anggota kelompok tersebut, Richie Annisa Cikal mengungkapkan, keunggulan dari ABROPEZ. Antara lain, memiliki 2 fungsi. Yakni sebagai konsep pengenalan angka braille dan sebagai media memudahkan siswa mengerjakan operasi hitung matematika yang dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa. 

“ABROPEZ juga menggabungkan angka braille dengan permainan puzzle. Siswa tunanetra dapat menyusun puzzle angka braille jika ingin belajar memahami angka,” jelasnya. 

Keunggulan lainnya, sambung Richie, melalui sentuhan dan pemahaman angka braille, siswa dapat dengan lebih mudah melakukan operasi hitung matematika. Selain itu, ABROPEZ juga lengkap dengan sempoa matematika yang memudahkan siswa menyeleseikan persoalan hitungan matematika. 

“ABROPEZ sudah ada dengan buku pedoman berbasis kearifan lokal kudus yang terdapat pada penyampaian materi serta soal-soalnya,” pungkasnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *