Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pencopotan Kepala SMKN 1 Sale, Ketua PGRI Jateng Kritik Kebijakan Ganjar Pranowo

64
×

Pencopotan Kepala SMKN 1 Sale, Ketua PGRI Jateng Kritik Kebijakan Ganjar Pranowo

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Example 468x60

EDUNESIANEWS.COM – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Muhdi menyoroti kebijakan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Hal tersebut terkait pembebastugasan Kepala SMKN 1 Sale, Kabupaten Rembang yang juga menjabat Plt SMKN 2 Rembang Widodo.

Example 300x600

Widodo dicopot dari jabatannya usai wawancara Ganjar kepada salah satu siswi SMKN 1 Sale yang mengaku ada iuran atau infak untuk pembangunan musala di sekolahnya. Menurur ganjar, hal tersebut adalah pungutan liar (pungli) yang berkedok infak.

Meski begitu, kebijakan Ganjar Pranowo mencopot Wododo dari jabatannya mendapat kritikan pedas dari Ketua PGRI Jateng Muhdi.

Menurut Muhdi, Ganjar Pranowo terlalu tergesa-gesa dalam memberikan sanksi kepada Widodo.

Muhdi membeberkan, dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 membolehkan adanya penggalangan dana dalam bentuk bantuan dan sumbangan bukan pungutan melalui komite sekolah.

Penggalangan dana tersebut bisa untuk pengembangan sarana atau prasarana, pembiayaan program dan lainnnya.

Infak yang di himpun komite untuk sarana ibadah dan tidak wajib jumlahnya, menurut Muhdi semestinya tidak masuk kategori pungli.

“Kalau ada yang menganggap itu pungitan, ya perlu klarifikasi mendalam. Apabila salah, tingkat kesalahannya seperti apa agar yang bersangkutan hukuman proporsional dan adil,” paparnya.

Muhdi menegaskan, keputusan Ganjar dalam memberi sanksi kepada Kepala SMKN 1 Sale kurang tepat. “Itu kan bukan korupsi,” tegasnya.

Muhdi meyakini adanya kejadian tersebut tidak menguntungkan bagi pihak sekolah. Menurutnya, seharusnya pemerintah mencarikan solusi yang tepat agar praktek pungli tidak terjadi di sekolah.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *