Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPendidikan

Sarat Persoalan, PPDB Perlu Evaluasi Total

124
×

Sarat Persoalan, PPDB Perlu Evaluasi Total

Sebarkan artikel ini
PPDB PERLU EVALUASI
PPDB PERLU EVALUASI
Example 468x60

EDUNESIANEWS.COM – Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak Kemendikbud RI agar melakukan evaluasi total pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Menyusul, muncul sejumlah persoalan dalam pelaksanaan PPDB yang bertahun-tahun selalu terulang.

Example 300x600

Melansir liputan Narasi, P2G mencatat beberapa persoalan antara lain titipan nama calon siswa kepada KK lokasi tempat tinggalnya berdekatan dengan sekolah tertentu.

Aksi kecurangan itu tidak hanya mencuat di kota-kota besar seperti Semarang, Bandung atau Jakarta. Beberapa daerah juga terjadi persoalan yang sama. Bahkan, kecurangan itu juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Masalah kedua yakni jumlah peserta didik tidak sebanding dengan sekolah yang ada di suatu daerah. Hal ini menyebabkan, satu bisa meningkatkan potensi sekolag untuk menampung jumlah peserta didik yang lebih dari kapasitas seharusnya. Kondisi itu lebih banyak terjadi di tingkat SMA/sederajat.

Kebalikannya, di tingkatan SD, malah banyak yang kekurangan siswa. Karena dalam satu daerah ada satu hingga dua sekolah yang lokasinya berdekatan. Kondisi itu tidak diikuti dengan jumlah calon peserta didik yang banyak.

Bahkan, ada beberapa oknum orang tua yang rela membayar agar anaknya bisa bersekolah di sekolah tertentu. Biasanya, sejumlah sekolah favorit di suatu kota menjadi incarannya.

Sorotan juga datang dari Anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal. Menurutnya, Kemendikbud Ristek perlu melakukan evaluasi terhadap sistem zonasi dalam PPDB. Ia menekankan agar kebijakan pemerintah berdasarkan pada keahlian ilmiah.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *